Berita Kegiatan

Satgas Bersinar Warung Menteng Tangkal Narkoba dengan Sosialisasi

Dibaca: 1 Oleh 22 Sep 2019Desember 23rd, 2020Tidak ada komentar
Satgas Bersinar Warung Menteng Tangkal Narkoba dengan Sosialisasi
#BNN #StopNarkoba #CegahNarkoba

bogorkab.bnn.go.id, Bogor – Satgas Bersih Narkoba (Bersinar) Warung Menteng siap membantu pemerintah Kabupaten Bogor dalam melakukan program pencegahan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap Narkoba (P4GN) di lingkungan Desa Warung Menteng. Para Anggota Satgas akan melakukan pencegahan dengan sosialisasi langsung ke masyarakat.

Kurangnya kesadaran mengenai bahaya penyalahgunaan dan peredaran Narkoba menjadi salah satu masalah inti masih tingginya jumlah prevalensi penyalahguna Narkoba di masyarakat. Saat ini prevalensi Penyalahguna di Indonesia sebesar 1,77% (setara 3,3 Juta Jiwa). Adapun jenis penyalahguna menurut kategori terdiri dari pekerja sekitar 59%, pelajar sekitar 24% dan umum sekitar 17%. Sosialisasi merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kesadaran.

Ketua Umum Satgas Bersinar Warung Menteng, Ujang Maturidi mengungkapkan bahwa hadirnya satgas Warung Menteng diharapkan dapat bermanfaat untuk masyarakat desa Warung Menteng khususnya, umumnya Kecamatan Cijeruk. Satgas siap hadir untuk memberikan kesadaran pada masyarakat mengenai bahaya penyalahguna Narkoba.

“Insaallah, Cijeruk akan mendukung penuh Pemerintah Kabupaten Bogor melalui Satgas Bersinar mewujudkan Kabupaten Bogor sehat tanpa Narkoba dan berkeadaban. Hal tersebut selaras dengan visi dan misi Pemerintah Kabupaten Bogor.  Dari bogor sehat setelah sehat orangnya beradab, karena tidak sehat sehingga tidak beradab. Begitu pun dengan kesadaran kalau ribuan ton Narkoba di depan mata ketika sadar tidak akan dibeli. Tapi karena kesadarannya kurang walaupun hanya satu butir pasti dimakan. Intinya kesadaran.” Jelasnya.

Sebelumnya Satgas Bersinar telah melaksanakan jalan sehat dan senam bersama dalam rangka merayakan hari jadi ke satu di kator kecamatan Cijeruk Pada hari Sabtu (21/9). Kegiatan ini bertujuan untuk melakukan sosialisasi bahaya penyalahgunaan Narkoba, sehingga masyarakat cijeruk tahu semua apa itu bahaya narkoba. Kurang lebih 400 orang masyarakat desa Warung Menteng hadir mengikuti rangkaian kegiatan.

“Kita melakukan pencegahan melalui sosialisasi pada masyarakat. Momen kegiatan hari lahir satgas ini kita manfaatkan agar masyarakat sadar bahaya penyalahgunaan narkoba dan peredaran gelap narkoba” Ujang Maturidi di halaman Kantor Kecamatan Cijeruk (21/9).

Ia berpesan pada desa-desa lain agar segera membantu tugas pemerintah Kabupaten Bogor dengan membentuk Satgas Bersinar. Masalah penyalahgunaan dan peredaran gelap Narkoba bukan tugas pemerintah saja melainkan tugas bersama-sama. Pemerintah, Aparat dan masyarakat harus kompak melawan peredaran gelap Narkoba. Kedepannya Satgas Warung Menteng akan melakukan sosialisasi ke setiap sekolah yang ada di kecamatan Cijeruk khususnya di Warung Menteng sesuai insturksi camat Cijeruk. Hal tersebut dilakukan disinyalir karena Para bandar Narkoba sedang menyasar anak-anak Sekolah.

“Pengabdian itu tidak hanya dengan uang tapi dengan tenaga dan pemikiran juga bisa Insallah untuk membantu Kabupaten Bogor.” Ucapnya.

Kepala Desa Warung Menteng, Maman Fatulloh pun merasa terbantu dengan adanya Satgas Warung Menteng. Menurutnya kegiatan-kegiatan yang dilakukan Satgas Bersinar Warung Menteng  sangat positif dan bermanfaat di lingkungan masyarkat Warung Menteng. Ia mengapresasi dengan kegiatan yang sudah dilakukan Satgas Bersinar Warung Menteng.

“Setiap malam para anggota melakukan ronda untuk menyisir lingkungan Desa. Kemudian sosialisasi kepada masyarakat mengenai bahaya penyalahgunaan Narkoba. Desa Warung Menteng merasa terbantu dengan kegiatan seperti itu. ” ungkap Maman Fatulloh (21/9).

Kepala Desa Warung menteng siap memberikan dukungan pada Satgas untuk mensosialisasikan bahaya Narkoba di lingkungan sekolah.  Menurutnya agar generasi muda Desa Warung Menteng sadar betul dengan bahaya penyalahgunaan Narkoba. Keberadaan Satgas Warung Menteng diharapkan sebagai penangkal hadirnya penyalahguna dan pengedar Narkoba yang akan masuk ke Desa Warung Menteng

 

 

 

Indra/Staf P2M

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel